Dukung Komitmen Pemda, BAPENDA Nganjuk adakan Sosialisasi Pajak Daerah dan E-SPPT

SHARE

Sehubungan dengan diselenggarakannya acara Sosialisasi Pajak Daerah pada tanggal 13-28 juni  yang bertempat di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Nganjuk, acara ini dilaksanakan selama 10 hari berturut-turut dengan pemateri dari perwakilan pihak BAPENDA yang bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada Perangkat Desa tentang pentingnya membayar pajak. Berdasarkan Undang-undang No. 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan menyatakan bahwa pajak adalah kontribusi atau iuran wajib kepada  negara yang terutang oleh orang pribadi maupun Badan (wajib pajak) yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang.

Pihak BAPENDA sedang memberikan pengarahan kepada perangkat desa

Sosialisasi dilakukan oleh BAPENDA Nganjuk kepada seluruh perangkat desa dalam rangka membangun pemahaman perangkat desa akan pajak daerah. Tidak hanya itu, selaras dengan komitmen pemerintah daerah nganjuk untuk mengedepankan digitalisasi pemerintah daerah dan pengoptimalisasian pendapatan daerah bapenda nganjuk juga mensosialisasikan mengenai E-SPPT. E-SPPT sendiri merupakan surat pemberitahuan pajak terutang berbasis elektronik mengenai Pajak Bumi dan Bangunan yang telah disiapkan oleh BAPENDA Nganjuk guna mendukung komitmen pemerintah akan digitalisasi dan pengoptimalan pendapatan daerah.

Proses Pemaparan Materi Mengenai Pajak Daerah

Proses Pemaparan materi dan praktek mengenai E-SPPT

Tak hanya memberikan pengarahan materi mengenai pajak daerah dan E-SPPT, pihak BAPENDA Nganjuk turut serta mengajak seluruh perangkat daerah untuk mengakses E-SPPT agar mereka lebih memahaminya dan terbiasa menggunakan aplikasi tersebut.

Terlihat antusiasme dari Perangkat Daerah untuk mendengarkan Sosialisasi.

Nantinya seluruh kegiatan mengenai perpajakan akan berbasis elektronik sehingga adanya sosialisasi ini sangat diperlukan. Diharapkan peran dari seluruh aspek masyarakat dalam mendukung komitmen Pemerintah Daerah tak terkecuali oleh perangkat desa di seluruh Kab. Nganjuk.