Bidang Pendataan dan Penetapan

Bidang Pendataan dan Penetapan mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, menganalisa data dan melaksanakan kegiatan di bidang Pendataan dan Penetapan

Bidang Pendataan dan Penetapan mempunyai fungsi :
  1. a) pengumpulan, mengolah, dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan kebijakan teknis di bidang pendataan dan penetapan;
  2. b) pengkoordinasian dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan dan penetapan;
  3. c) Pengelolaan administrasi di bidang pendataan dan penetapan;
  4. d) perumusan kebijakan teknis pendaftaran, pendataan dan penetapan pajak dan retribusi daerah;
  5. e) pelaksanaan pendaftaran obyek dan subyek pajak daerah dan retribusi daerah, pendataan obyek pajak daerah dan retribusi daerah;
  6. f) pelaksanaan penghitungan, penetapan dan penerbitan SKPD, SKRD, dan surat ketetapan lainnya;
  7. g) pelaksanaan koordinasi data dan informasi terkait pajak dan retribusi dengan instansi terkait;
  8. h) pelaksanaan penelitian, penyiapan, penyampaian, pembetulan, pembuatan salinan, dan pencocokkan hasil keluaran berupa DHR, SPPT / SKP / DHKP / DHKT dan buku induk potensi Pajak Daerah;
  9. i) pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan dan penetapan;
  10. j) pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1) Sub Bidang Pendataan

Sub Bidang Pendataan mempunyai tugas :
  1. a) mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan kebijakan teknis di bidang pendataan;
  2. b) mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan;
  3. c) mengelola administrasi di bidang pendataan;
  4. d) menyiapkan bahan perumusan kebijakan pendataan dan pendaftaran potensi wajib pajak daerah dan retribusi daerah;
  5. e) melaksanakan pelayanan pendaftaran dan pendataan obyek dan subyek pajak daerah dan retribusi daerah;
  6. f) menyiapkan bahan dan perencanaan pelaksanaan pendataan dan pendaftaran pajak daerah dan retribusi daerah serta klarifikasi lapangan;
  7. g) melaksanakan pendistribusian dan menerima kembali formulir pendaftaran SPTPD, SPTRD, SPOP, SSB BPHTB yang telah diisi wajib pajak dan atau wajib retribusi;
  8. h) melaksanakan peremajaan/pemutakhiran obyek dan subyek pajak dan retribusi daerah;
  9. i) menghimpun dan mencatat data obyek dan subyek pajak dan retribusi;
  10. j) melakukan klarifikasi lapangan/lokasi, menyusun hasil dan daftar spt yang belum diterima;
  11. k) menetapkan nomor pokok wajib pajak daerah dan nomor pokok wajib retribusi daerah (NPWRD);
  12. l) melaksanakan penyusunan daftar induk pajak daerah dan daftar induk retribusi daerah;
  13. m) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pendataan dan pendaftaran;
  14. n) mengkoordinasikan dengan instansi terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
  15. o) melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan;
  16. p) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2) Sub Bidang Pengolahan Data

Sub Bidang Pengolahan Data mempunyai tugas :
  1. a) mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan kebijakan teknis di bidang pengolahan data;
    b) mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang pengolahan data;
    c) pengelolaan administrasi di bidang pengolahan data;
    d) menyiapkan bahan perumusan kebijakan dokumentasi dan pengolahan data potensi wajib pajak daerah dan retribusi daerah;
    e) menghimpun, mendokumentasikan dan mengelola data potensi obyek dan subyek pajak dan retribusi;
    f) melaksanakan pengolahan data, pembentukan dan pemeliharaan basis data pajak daerah dan retribusi daerah;
    g) menyiapkan bahan dan merencanakan pelaksanaan pengelolaan data pajak daerah dan retribusi daerah serta klarifikasi lapangan;
    h) melaksanakan pencetakan dan pendistribusian kartu pengenal nomor pokok wajib pajak daerah dan dan nomor pokok wajib retribusi daerah;
    i) melaksanakan pengarsipan surat-surat dokumen perpajakan dan retribusi daerah terkait dengan pendaftaran, dan pendataan;
    j) melaksanakan pembentukan dan pemeliharaan master file, perekaman, up dating, back up, transfer, recovery dan analisa serta memproduksi data pajak daerah;
    k) pelaksanaan dukungan teknis computer, SIM PBB-P2 dan SIG ;
    l) Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pengolahan data;
    m) melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
    n) melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan;
    o) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


  2. 3) Sub Bidang Penetapan

    Sub Bidang Penetapan mempunyai tugas :
    1. a) mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan kebijakan teknis di bidang penetapan;
      b) mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang penetapan;
      c) pengelolaan administrasi di bidang penetapan;
      d) menyiapkan bahan perumusan kebijakan pelaksanaan penghitungan dan penetapan pajak daerah dan retribusi daerah;
      e) melaksanakan penghitungan penetapan pajak daerah dan retribusi daerah;
      f) melaksanakan pendistribusian Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD), Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2)
      g) penyiapan bahan dan pelayanan permohonan angsuran pajak daerah dan retribusi daerah;
      h) meneliti, menyiapkan, menyampaikan, membetulkan dan membuat salinan berupa SPPT / SKP / SKR / SPT dan DHKP;
      i) Pengarsipan dokumen ketetapan berupa SPPT/SKP/SKR/SPT, DHKP ;
      j) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan penetapan;
      k) melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang pendataan;
      l) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan sesuai dengan tugasnya.